Berkah Istighfar : Meredakan Pertengkaran Rumah Tangga

Seperti yang telah kami paparkan pada artikel sebelumnya bahwa istighfar dapat menjadi solusi berbagai problematika kehidupan. Kisah dibawah ini adalah salah satu bukti bahwa memang benar amal ibadah ini dapat membukakan jalan akan kesusahan yang sedang kita alami dengan jalan keluar yang tiada disangka-sangka. Tidak hanya mustajab untuk memudahkan rezeki yang lambat dan tersendat-sendat, namun juga dapat meredakan amarah akibat pertengkaran. Silakan disimak kisah selengkapnya berikut ini :

lafadz istighfar

Malam hari waktu itu aku sedang dalam perjalanan pulang ke rumah dalam keadaan tubuh yang sangat letih dan kepalaku penat karena banyaknya beban pikiran. Ketika aku membuka pintu, didalam isteriku sudah menyambutku dengan raut wajah yang tidak enak dilihat, nampak sekali dia sedang marah. Belum sempat ku sapa isteriku, ia sudah memborbardirku dengan berbagai pertanyaan yang membuatku semakin bertambah pusing. Karena aku dalam kondisi yang letih dan bad mood, aku jadi kehilangan kendali.. Aku balik memarahi isteriku dan siap untuk pertengkaran yang panjang malam itu.

Benar saja.. Malam semakin larut, sementara pertengkaran belum menunjukkan tanda-tanda berhenti. Sampai hampir subuh waktu itu dan tidak ada salah satu pihak yang mau mengalah. Aku pun sebagai lelaki tak mau mengalah, sehingga akhirnya isteriku mengancam akan pergi dari rumah dan pulang ke rumah orang tuanya. Saat ia mengancam akan meninggalkan rumah, akhirnya aku luluh juga. Aku bujuk ia untuk mengurungkan niatnya, namun karena aku juga masih kesal, jadinya aku membujuknya sambil setengah hati juga, akibatnya usahaku tidak membuahkan hasil. Isteriku masuk ke dalam kamar, ia memasukkan barang-barangnya ke dalam tas dan bersiap-siap untuk meninggalkan rumah. Waktu itu pusing, marah, menyesal, sedih, bingung campur aduk dalam pikiranku. Dengan langkah gontai aku keluar rumah untuk menenangkan pikiranku yang sedang kalut tidak karuan.

Kebetulan di samping rumahku berdiri sebuah masjid. Waktu itu larut malam dan sebentar lagi akan masuk waktu subuh. Aku berfikir sebaiknya aku mengadukan persoalanku ini kepada Allah. Lalu aku pun masuk ke dalam masjid, lalu beristighfar kepada Allah 'Azza wa Jalla. Aku terus-terusan memohon ampun kepada Allah sampai masuk waktu subuh dan sholat berjamaah di masjid. Selesai sholat aku berrjalan pulang menuju rumah.

Ketika aku membuka pintu, aku melihat isteriku yang sedang duduk di ruang tamu. Aku melihat wajahnya tampak masih lesu akibat pertengkaran panjang semalam. Namun aku melihat ia diam dan tiba-tiba bibirnya tersenyum lirih kepadaku. Kuucapkan salam lalu bertanya,"Kamu jadi pergi hari ini?". Lalu isteriku menjawab,"Tidak, aku menyesal atas apa yang sudah kuperbuat tadi malam.". Aku heran.. dalam hati aku bertanya,"Ada yang aneh.. Kenapa cepat sekali berubah pikiran?". Aku tanyakan kepada isteriku apa yang terjadi?. Lalu isteriku menjawab,"Entahlah.. semenjak kau pergi tadi tiba-tiba saja perasaan marahku berangsur-angsur hilang, lalu aku jadi menyesali sendiri perbuatanku tadi.. Mungkin Allah telah menunjukiku.". Demikian jelas isteriku.

Aku ingat sewaktu pergi keluar rumah tadi, aku menuju masjid dan beristighfar terus hingga masuk waktu subuh. Mungkin benar sabda Rasulullah SAW bahwa :

“Barangsiapa memperbanyak istighfar niscaya Allah membukakan dari setiap kesusahan ada jalan keluar dan dari setiap kesempitan ada penyelesaian serta diberikan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka."

Aku bersyukur kepada Allah akan keputusan isteriku yang membatalkan niatnya pergi meninggalkan rumah. Aku meminta maaf kepada isteriku dan kami membicarakan masalah kami dengan baik-baik dan berharap semua kembali menjadi normal.

                                                          --------------

Jika Allah sudah berkehendak maka tidak ada yang tidak mungkin. Sesuai dengan Hadis Rasulullah bahwa jika Allah sudah berkenan menolong, datangnya pertolongan-Nya seringkali diluar dugaan atau tak terbayangkan sebelumnya. Kiranya kita dapat mengambil pelajaran dari sini dan ikut melazimkan istighfar dalam kehidupan sehari-hari. Jikalau kita sedang menghadapi masalah yang berat, mudah-mudahan Allah berkenan mengangkat masalah pelik yang sedang kita alami.

Jika anda belum membaca artikel mengenai Istighfar : Solusi Segala Masalah, maka anda bisa membacanya di artikel tersebut di sini
Untuk kisah-kisah mengenai keistimewaan istigfar lainnya bisa di baca di sini 

Sumber: Keajaiban Sedekah & Istighfar karya Hasan bin Ahmad bin Hasan Hammam (penerjemah Muhammad Iqbal, Lc & Jamaluddin), penerbit Darul Haq cet. V, Rajab 1429 H/Agustus 2008 M, hal. 135-137. Judul dirombak, isi disadur ulang tanpa mengurangi esensi cerita. diposting di blog ayat 1000 dinar

image source : mimtulungagung.wordpress.com
 

Amalan Pembuka Pintu Rezeki Ayat Seribu Dinar Copyright © 2011-2014 | Powered by Blogger